12 September 2010

4 Asal Mula Daerah Kaliyoso - Kalijambe

Meski hanya sebuah dukuh yang berada di Desa Jetiskarangpung, Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen, nama Kaliyoso ternyata memilik sejarah panjang. Dukuh yang terletak sekitar 12 kilometer (km) dari Kota Solo itu ternyata merupakan tempat yang penting bagi raja Keraton Surakarta Hadiningrat 300 tahun lalu. Bahkan, Paku Buwono (PB) IV sendiri yang memberikan nama itu.
Tokoh masyarakat setempat, Rohmat Dwi Basuki, menuturkan  belum lama ini, cerita masa lalu Kaliyoso yang diwariskan dari generasi ke generasi. Dahulu kala, wilayah Kaliyoso berupa hutan yang dikenal dengan nama Jogopaten. Seorang santri bernama Bagus Turmudi memulai mendiami hutan atau alas Jogopaten. Di lokasi itu dia banyak beribadah dan bermunajat kepada Allah, hingga akhirnya mendirikan pondok pesantren. Bagus kemudian lebih dikenal dengan nama Kiai Abdul Jalal, sesuai nama kakeknya.
Sekitar 1788, PB IV berburu ke hutan Krendowahono berada di sebelah selatan hutan Jogopaten, demi memenuhi keinginan sang permaisuri yang ngidam daging kijang. Saat berburu itulah, PB IV tiba-tiba menghilang. Para pengikut raja pun gusar. Berhari-hari mereka mencari sang raja ke segenah penjuru, namun PB IV tak juga ditemukan. Mengikuti saran penduduk setempat, para pengikut raja akhirnya meminta pertolongan Kiai Abdul Jalal. “Kiai meminta keponakannya bernama Bagus Murtoyo untuk mencari di mana sinuhun berada. Benar juga, kemudian raja ditemukan,” papar Rohmat, saat ditemui di kediamannya, belum lama ini.
Karena bantuan itu, PB IV menyampaikan terima kasih kepada Kiai Abdul Jalal. Ketika itulah, dalam kunjungannya ke Jogopaten, PB IV berujar, “Tempat ini sekarang saya namakan Kaliyoso.” Sejak kejadian itu, lokasi tersebut dikenal dengan nama Kaliyoso.
Selain memberikan nama Kaliyoso, PB IV juga memberikan hadiah kepada Kiai Abdul Jalal berupa mimbar, pintu masjid, serta benda-benda Keraton berupa tombak. Kini, pintu masjid hadiah PB IV masih digunakan di Masjid Jami’ Kaliyoso. Begitu pun mimbar hadiah sang rasa kondisinya masih bagus dan digunakan di masjid. Sedangkan, tombak yang dikenal dengan nama Kiai Ronda diletakkan di kayu usuk masjid tersebut. “Sampai kini barang-barang itu masih ada dan menjadi saksi sejarah leluhur dukuh ini. Juga menjadi kebanggaan kami sebagai warga Kaliyoso,” imbuh Rohmat. Camat Kalijambe, Samsuri menyebut keberadaan Masjid Jami’ Kaliyoso sangat penting bagi masyarakat Kaliyoso, dan Kalijambe pada umumnya.

4 comments:

Benhar Aslam mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
endless love mengatakan...

ini sejarah yang telah mbah kakung saya pernah ceritakan. disini namanya kyai abdul jalal. sedangkan nama yg mbah kakung sampaikan berbeda. tp dengan cerita sejarah yang sama. jika memang kyai abdul jalal itu adalah mbah gantung siwur saya. mohon apabila diketahui keberadaan makamnya. saya ingin tahu. kalau mbah kakung bilang ada d sebuah bukit atau gunung kecil di kaliyoso. Mohon info nya dulur. soale mbah saya sudah tepat dari makam beliau. maklum sudah berumur. terimakasih banyak. Rahayu

Benhar Aslam mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates