17 Februari 2011

0 Inilah Alasan Menkes Menolak Umumkan Nama Susu Formuala Tercemar Bakteri

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengakui tidak bisa mengumumkan nama susu formula yang tercemar bakteri Enterobacter sakazakii. Menurut Menteri Endang, bila masyarakat khawatir, jangan pakai susu formula. Tapi gunakan Air Susu Ibu (ASI).
"Kami tidak mau dan tidak bisa mengungkapkan merk," kata Endang Rahayu di sela rapat dengar pendapat dengan Komisi IX bidang Kesehatan DPR, di gedung parlemen, Jakarta, Kamis 17 Februari 2011.

Menurut Endang, Kementerian Kesehatan tidak mengetahui penelitian yang dilakukan Institut Pertanian Bogor (IPB) atas susu formula yang tercemar itu.

IPB, lanjut Endang, tidak perlu melaporkan hasil penelitian itu kepada Kementerian Kesehatan. Karena penelitian itu dilakukan IPB sebagai lembaga independen. "Jadi, kalau masyarakat takut, ya pakai ASI saja," kata menteri lulusan Universitas Harvard, Amerika Serikat ini.

IPB yang diwakili Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB, I Wayan Teguh Witawan, juga menolak mengumumkan susu yang tercemar. Alasannya masih sama, perintah mengumumkan yang tertuang dalam amar putusan Mahkamah Agung belum diterima.

Menkes sendiri sudah membantah tudingan adanya kongkalikong antara pemerintah dengan produsen susu. Selengkapnya di sini.

Karena tidak ada titik temu, DPR kembali mengagendakan pertemuan berikutnya. Kali ini tidak dengan Dekan, tapi dengan Rektor IPB. Menteri Kesehatan juga tetap akan mendampingi. Komisi mengagendakan kembali rapat dengan IPB pada Senin 21 Februari 2011 sekitar pukul 10 pagi.
• VIVAnews

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates