10 Juni 2011

0 Berita Terbaru, Dora Penderita Penyakit Keringat Darah Dirawat di RSCM

Penyakit Keringat Darah  yang dialami Dora, seorang pasien dari  Padang yang kini dirawat di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM), bukanlah hal yang aneh. Kemungkinan besar, ia mengalami salah satu jenis kelainan darah. Dora tiba di unit gawat darurat RSCM, Rabu (8/6/2011) kemarin sekitar pukul 12.00. Mahasiswa semester VI Universitas Bung Hatta tersebut adalah pasien rujukan dari RS M Djamil Padang. Ia mengalami kelainan berupa darah segar yang dapat keluar dari pori-pori kulitnya dan masih belum diketahui penyebabnya. 

Dora dibawa ke Jakarta dengan harapan akan mendapatkan pengobatan atas penyakitnya tersebut. Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih memastikan bahwa biaya pengobatan pasien ditanggung oleh Jamkesmas.

"Pasien sudah datang dengan surat keterangan jaminan dari dinas sosial, yang berarti akan dibayar oleh Jamkesmas," ujar Endang, yang menjenguk pasien itu kemarin. Endang menambahkan, sampai saat ini belum dapat disimpulkan soal penyakit yang diidap Dora. Karena menurutnya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kelainan tersebut.

"Kita lihat dulu hasilnya bagaimana. Mungkin ini sama seperti halnya dengan Thalasemia. Kita tahu, bahwa ada kelainan di trombositnya, tapi kelainannya apa dan dibagian mana, mesti tes lagi," imbuh Menkes.
Menkes mengatakan, akan memercayakan sepenuhnya penanganan dan pengobatan Dora kepada dokter ahli di RSCM, khususnya dari bagian hematologi. Ia menduga, pengobatan Dora akan cukup lama seperti halnya penyakit kelainan darah lainnya.

"Kalau setelah diagnosisinya ada, nanti sudah direncanakan pengobatannya. Anak ini harus kembali ke daerahnya. Dan menjalani pengobatan di daerahnya, supaya dia bisa sekolah, dia sudah semester enam," pungkasnya.

Sementara itu Direktur RSCM Prof DR dr Akmal Taher mengatakan, bahwa penyakit yang dialami Dora bukan sebagai suatu hal yang aneh.
"Aneh sekali juga nggak. Kita lihatnya satu, kelainan perdarahan. Tapi sebenarnya itu diagnosisinya bisa macem-macem sekali," katanya.
Akmal juga mengungkapkan bahwa tim dokter RSCM akan segera melakukan pemeriksaan darah Dora untuk mengetahui hasil diagnosis penyakitnya tersebut. "Mudah-mudahan besok atau lusa sudah ada hasilnya," tutupnya.

Kabag Humas RSUP M Djamil Padang Gustavianof seperti dilansir Antara sebelumnya menyebutkan bahwa Dora sebenarnya telah mengalami kondisi demikian sejak dua tahun terakhir.

Berdasarkan analisa sementara tim dokter, Dora menderita trombopati atau kelainan trombosit. Akibat penyakit tersebut, darah segar sering keluar dari pori-pori kulit kepala dan telinga  ketika Dora berfikir terlalu keras.
Source : http://health.kompas.com/read/2011/06/09/09295616/Penyakit.Dora.Bukan.Hal.Aneh

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates