24 November 2011

0 Prosesi Pernikahan Ibas - Aliya Menggunakan Adat Palembang

Proses pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa, Kamis (24/11) di Istana Cipanas, dipenuhi dengan rangkaian prosesi adat. Prosesi adat Palembang, Sumatera Selatan dijalani oleh kedua mempelai dan keluarga. Diawali dengan prosesi mengantar Ibas oleh keluarganya diiringi tabuhan musik tradisional Komering dan tarian ngigol yang dilakukan empat penari. Presiden SBY dan Ani Yudhoyono beserta keluarga, tampak apik memakai pakaian adat Palembang.

Setelah rangkaian berbalas pantun, mempelai pria dipersilahkan masuk untuk melangsungkan akad nikah. Saat akad nikah, Ibas dan Aliya tidak dipertemukan. Setelah akad nikah selesai, barulah Aliya keluar untuk menemui suaminya pertama kali dalam adat membatalkan wudhu. Prosesi ini ditunjukkan dengan cara ibu jari Ibas menyentuh kening istrinya.

Usai akad nikah, rangkaian prosesi adat pernikahan Ibas dan Aliya, dilanjutkan dengan acara suap-suapan.  Kemudian, kedua mempelai menjalani prosesi cacap-cacapan.

Menariknya, juga akan digelar prosesi Tari Pagar Pengantin yang dilakukan saudara-saudara mempelai berdua. Aliya pun akan turut menari didampingi suami yang berdiri di sampingnya.

Seluruh prosesi akad nikah,  diikuti oleh sekitar 1.000 tamu undangan yang hadir. Rangkaian acara yang disampaikan dalam dua bahasa, sangat membantu para duta besar yang menjadi tamu undangan untuk mengikuti tahap demi tahap prosesi adat pengantin Palembang.

Untuk menghibur para tamu, deretan artis-artis top ibukota bersuara emas  juga telah disiapkan. Ditemani Orcestra Dian HP, artis seperti Andien, Rio Febrian, Vina Panduwinata, Ebiet G Ade, dan Vidi Alviano menampilkan lagu-lagu apik bagi pengantin, keluarga dan tamu yang hadir.

Seluruh rangkaian acara ini pun menuai pujian dari tamu-tamu yang hadir. Salah satunya adalah Ketua DPR RI Marzuki Alie. Menurut rekan Ibas di DPR ini, seluruh prosesi acara menunjukkan keindahan budaya Indonesia.

‘’Adat Palembang betul-betul dibawakan. Sudah lama dan jarang sekali orang menggunakannya,’’ kata Marzuki.(afz/jpnn)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates