15 September 2010

0 120 PNS Sragen Membolos di Hari Pertama Masuk Kerja Paska Lebaran

Sebanyak 120 pegawai negeri sipil (PNS) di 55 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen tidak hadir pada hari pertama masuk kerja pasca-Lebaran, Selasa (14/9). Dari sebanyak 2.776 PNS yang diperiksa tim gabungan secara acak, sebanyak 2.656 PNS atau 95,7% di antaranya masuk. Pemeriksaan PNS yang dilakukan melalui inspeksi mendadak (Sidak) tim gabungan dilakukan setelah apel dan halalbihalal. Tim gabungan tersebut terdiri atas Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Inspektorat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Sragen. Tim tersebut menyebar secara serentak di 55 SKPD yang ada.
Kepala BKD Sragen, Wahyu Widayat saat dikonfirmasi, Selasa kemarin, mengungkapkan, tim gabungan melakukan pemeriksaan secara acak dari sebanyak 13.000 PNS. Menurut dia, tim gabungan berhasil melakukan pemeriksaan sebanyak 2.776 PNS. Sebanyak 2.656 PNS di antaranya, ujarnya, dinyatakan hadir yang dibuktikan dengan daftar presensi dan kehadiran fisik.
“Sebanyak 120 PNS atau sekitar 4,3% tidak hadir dengan keterangan sakit sebanyak 0,4%, izin sebanyak 0,8%, cuti sebanyak 0,7%, piket sebanyak 0,7% dan turun piket sebanyak 1,7%. Rata-rata alasan PNS tidak masuk bisa dipertanggungjawabkan dan dibuktikan dengan adanya surat izin dan surat keterangan sakit,” tandas Wahyu yang diamini Sekretaris BKD Sragen, Yuni.
Dengan demikian BKD belum memberikan sanksi. Wahyu menyampaikan apresiasi kepada semua PNS yang melaksanakan tugas secara baik dan bertanggung jawab. Hal itu terbukti dengan kecilnya ketidakhadiran PNS.
Lebih lanjut Wahyu menguraikan, dengan semangat PNS itu bakal memberikan motivasi bagi PNS lainnya berfikir dan berinovasi untuk kemajuan Sragen setelah libur Lebaran dan cuti bersama. Wahyu berharap kedisiplinan dan profesionalitas PNS harus terus dijaga dan dipertahankan. “Saya mengimbau kepada PNS agar tidak melanggar disiplin pegawai. PNS merupakan abdi negara yang harus mampu menjadi panutan bagi masyarakat dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates