17 September 2010

0 PD PAL Sragen Diambang Kehancuran

Nasib Perusahaan Daerah Pelopor Alam Lestari (PD PAL) semakin di ambang kehancuran. Ini menyusul wacana Badan Anggaran (Banggar) DPRD yang akan menggulirkan opsi likuidasi terhadap perusda perberasan yang dilaporkan banyak dililit utang itu. Hal itu menjadi sorotan utama dalam rapat paripurna membahas Laporan Banggar terhadap Pertanggungjawaban APBD Tahun 2009 di DPRD Kamis (16/9) kemarin.

Anggota tim Banggar DPRD Sragen, Bambang Widjo Purwanto mengatakan likuidasi menjadi opsi terbaik seandainya kondisi PD PAL benar-benar tidak bisa diselamatkan. Hanya saja, wacana itu baru akan digulirkan setelah terlebih dahulu dilakukan audit oleh tim independen. “Kalau nanti hasil audit independen ternyata menyimpulkan kondisi PD PAL pailit, ya apa boleh buat. Kami akan mengusulkan agar dilikuidasi,” paparnya usai paripurna.
Bambang juga menegaskan Banggar tetap konsisten merekomendasi agar segera dilakukan audit oleh tim independen untuk memastikan kondisi terakhir di tubuh PD PAL yang dilaporkan terbelit utang mencapai miliaran. Ia juga mengusulkan agar tim pelaksana audit sebisa mungkin ditunjuk dari tim independen agar hasilnya lebih obyektif dan maksimal. “Kan tidak harus dari BPKP. Menurut kami akan lebih baik jika timnya dari pihak independen agar proses dan hasilnya juga benar-benar independen,” terangnya.

Senada, Wakil Ketua DPRD Giyanto juga mendukung penunjukan tim audit yang lebih independen. Menurutnya, audit menjadi sangat penting untuk mengetahui sekaligus untuk mengusut kebobrokan di PD. PAL yang selama ini masih menjadi misteri.

Sementara, selain PD PAL, juga dibacakan tiga rekomendasi lain di antaranya soal inventarisasi aset PT Aroma Sukowati yang akan dikembalikan setelah kontrak kerja sama 25 tahun dengan Pemkab berakhir. Serta Pembuatan Nota Kesepahaman atau MoU antara Pemkab dengan Pasiad Turki dalam pengelolaan Sragen Bilingual Boarding School (SBBS) Gemolong yang selama ini dilakukan tanpa persetujuan DPRD.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates