9 Oktober 2010

0 Dewan Desak Pengusutan Tuntas Kasus Sindikat Calo CPNS Sragen

Kalangan legislatif mendesak kepolisian berani mengusut tuntas praktik percaloan CPNS yang melibatkan oknum Sekdes Toyogo, Sambungmacan. Tidak hanya oknum calo yang tertangkap, aparat juga diminta mengusut tuntas aktor intelektual yang diyakini berada di balik sindikat percaloan CPNS.
Desakan itu dilontarkan salah satunya dari Fraksi PKS. Wakil Ketua FPKS Aris Surawan mengatakan pengusutan tuntas menjadi penting mengingat percaloan PNS sudah sangat meresahkan masyarakat. Hampir setiap agenda turun bawah (turba-red) atau reses, keluhan soal praktik percaloan CPNS menjadi aspirasi paling dominan.

“Dengan tertangkapnya oknum perangkat yang menjadi calo PNS, maka sudah saatnya kepolisian berani proaktif untuk membongkar jaringan yang bermain di dalamnya sampai ke aktor intelektualnya,” paparnya kepada wartawan Jumat (8/10).

Sebagai bagian dari badan anggaran (Banggar) DPRD, Aris juga semakin mantap untuk menolak plafon anggaran rekrutmen CPNS 2010 yang diwacanakan sekitar Rp 1 miliar. Selain penghematan anggaran, penolakannya didasarkan atas pertimbangan masih banyaknya problem yang mengiringi rekrutmen CPNS selama ini. “Andaikata terpaksa harus dilaksanakan, kami sarankan lebih baik agar bergabung dengan provinsi atau pusat. Selain hemat anggaran, ekses negatif dan potensi kecurangannya juga lebih kecil,”tukasnya.

Senada, Wakil Ketua DPRD yang juga anggota FKN, Giyanto juga mendukung upaya pengusutan aktor utama di balik sindikasi calo CPNS yang selama ini banyak mencuat di Sragen. Ia juga meyakini bahwa oknum calo yang tertangkap tersebut hanya bagian kecil dari sebuah sindikat besar yang tertata rapi dan sistematis.

Menanggapi hal itu, Kepala BKD Wahyu Widayat mengatakan penyelenggaraan rekrutmen CPNS adalah kebijakan dari pusat. Sehingga jika ditunda atau ditiadakan maka hal itu sama artinya mengurangi kesempatan para pencari kerja.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates