3 November 2010

3 Info Terkini Gunung Merapi.. Jangkauan Wedus Gembel Memcapai 9 Kilometer

Hembusan awan panas Gunung Merapi yang terjadi sejak 11.30 WIB sudah mereda. Luncuran awan panas 'wedhus gembel' ini memiliki jangkauan lebih panjang dari letusan pertama pada Selasa 26 Oktober lalu. "Jangkauan awan panas ini sekitar 9 kilometer. Lebih panjang dari letusan pertama yang sekitar 7,5 kilometer," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandrio, Rabu 3 November 2010.
Maka itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM sudah memperpanjang radius berbahaya Merapi, dari 10 kilometer menjadi 15 kilometer. Lokasi pengungsi yang berada di sekitar radius berbahaya juga sudah dipindah.
Dua dusun pengungsi yang dipindah itu berada di Kepuharjo dan Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suasana sempat panik, warga yang berada di pengungsian itu malah meminta untuk dipindah.
Hampir seratus sepeda motor dan mobil turun dari kawasan Kaliurang menuju arah Pakem. Luncuran awan panas ini berhembus sekitar empat jam. Ini merupakan luncuran awan panas terlama dan terpanjang.
Akhirnya, petugas memindahkan dua pengungsi itu ke Wukirsari di Cangkringan, Sleman. Saat ini, luncuran awan panas belum bisa dikatakan berhent. "Kami hanya bisa bilang, awan panas mereda sementara," ujar Subandrio. (umi)

3 comments:

Insurance Finance, "catatan gunung merapi" mengatakan...

wah ini semoga menjadi info terpenting bagi pembaca, Boz mau tanya theme Boz bagus, ada gak tutorialnya untuk membuat header ... terus terang saya mau ganti dan buat header..., tks bos infonya

Lowongan Kerja Terbaru di Indonesia mengatakan...

jalan jalan nih bos sambil baca.., semoga info ini bermanfaat " saya khuatir banget dengat dengan korban musibah ini.... semoga cepat tertangani dengan baik... nice post Boz

Sragenholic mengatakan...

insurance finance : waduh... saya gk mudeng soal kode2an bos, belajar otodidak sama coba2 sendiri. soal theme ada pada link dibawah bos.. saya ambil dari sana.. terimakasih sudah berkunjung ya.. tunggu kunjungan balik saya, jangan lupa siapin kopi ya.. hehehe..
lowongan : kebetulan disini aman dari jangkauan wedus gembel boss., kalo butuh tempat mengungsi sementara saya tunggu lagi kunjungannya.. hehehe..
semoga korban merapi diberi ketabahan..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates