9 Desember 2010

0 Inilah Daftar Nama Pendaftar Bakal Calon Bupati Sragen dari Jalur Independen

Hari terakhir penutupan pendaftaran bakal calon Bupati/Wakil Bupati jalur independen Selasa (7/12) diwarnai kejutan besar dengan munculnya duet Gunawan Sumarsono – Agus Hendarto (GUNA) yang mendaftar dengan membawa 73.740 dukungan KTP. Rumor yang berkembang, pasangan Gunawan yang diketahui sebagai Direktur Perusda Percetakan dan Agus Hendarto sebagai staf di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) itu sengaja dipasang sebagai balon bayangan oleh salah satu pasangan independen yang akhirnya tidak jadi mendaftar.

Sementara, hingga hari terakhir pendaftaran kemarin, tercatat ada empat pasangan yang mendaftar. Selain GUNA, ada nama Danang Wijaya- Sumiyarno (Danang-Sumiyar) yang diusung oleh Paguyuban Kepala Desa dan Perangkat Desa (Pradja), Sularso-Kusharjono (mantan Sekda Sragen-red) dan Suwardi-Sunarto.

Namun, dari tiga pasangan tersebut, hanya GUNA dan Danang-Sumiyar yang dinyatakan memenuhi syarat. Sedang Suwardi-Sunarto yang membawa dukungan 36.989 KTP ditolak dengan alasan dokumen persyaratan dukungan yang diserahkan tidak memenuhi ketentuan.

Duet dari Praja, Danang-Sumiyar mendaftar pukul 13.30 WIB dengan naik becak dan dikawal sejumlah pengurus Pradja. Pasangan ini mendaftar dengan menyerahkan dukungan sebanyak 47.112 KTP dari 18 kecamatan. Setelah dilakukan cek sampel dukungan di lima kecamatan dan telah memenuhi syarat, KPU memutuskan meloloskan sementara pasangan ini.

Kejutan terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, ketika muncul duet Gunawan-Agus (GUNA) yang mendaftar sebagai calon independen. Hebohnya, keduanya mendaftar dengan menyerahkan dukungan KTP cukup fantastis yakni 73.740 dari 14 kecamatan.

Berbeda dengan dua pasangan sebelumnya, kemunculan GUNA langsung menjadi sorotan dan mengundang beragam spekulasi. Pasalnya, selama ini hampir tidak pernah terdengar soal rencana atau sosialisasi bahwa keduanya bakal maju Pilkada.

Berbeda dengan sejumlah kandidat yang sempat mewacanakan maju dari independen seperti Yuni-Darmawan (YUDA), Dr, Sularno atau Danang-Sumiyar, pasangan GUNA juga terkesan steril dari penggalangan dukungan KTP.

Saat dikonfirmasi, Gunawan membantah rumor mengenai kemunculan duet GUNA yang dinilai sebagai balon bayangan. Soal jumlah dukungan KTP yang cukup banyak namun nyaris tanpa terdengar gerakan, hal itu adalah bagian dari strateginya. “Yang jelas semua sudah kami siapkan jauh-jauh hari. Kalau soal KTP sebanyak itu, itu bagian dari gerakan silent yang kami lakukan,” ujarnya.

Sementara, Ketua KPU Agus Riewanto mengatakan untuk balon yang sampel dukungannya memenuhi persyaratan selanjutnya akan dilakukan verifikasi. Meski sempat terjadi insiden mati lampu saat verifikasi berlangsung semalam, Agus membantah adanya sabotase dari kejadian itu. “Tidak ada sabotase, tadi ada kawat yang putus,” ujarnya. Sekitar pukul 21.45 WIB listrik akhirnya kembali menyala dan proses verifikasi berkas kembali dilanjutkan.
:: joglosemar ::

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates