24 Juni 2011

0 DPRD Sragen Didesak Bentuk Pansus Kasda

Sejumlah kalangan mendesak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk segera membentuk panitia khusus (Pansus) membahas pembobolan Kasda bermodus kredit beragunan deposito di BPR dan BKK Karangmalang. Pembentukan Pansus dianggap penting untuk menguak skandal pembobolan Kasda sekaligus meminta pertanggungjawaban dari otoritas pemegang kekuasaan dan pihak-pihak yang terlibat dalam kasus yang berpotensi merugikan kas daerah sekitar Rp 11,7 miliar tersebut.


Wacana tersebut digulirkan salah satunya dari Ketua DPC PPP Sragen Rus Utaryono. Rus yang juga mantan anggota DPRD 1999-2004 mengatakan kasus pembobolan Kasda ini harus mendapat perhatian serius karena sisi administrasi dianggap menjadi cerminan penyimpangan administrasi keuangan daerah selama kurun 2004-2011. “Ini kasus besar. Dari sisi material, Bupati dalam kurun 2004-2011 tidak pernah mengaku menempatkan dana Kasda di BPR. Lalu selama itu pula juga tidak memberitahukan secara jujur uang pinjaman dari Kasda itu dipergunakan oleh pejabat dan untuk apa saja. Jadi selama 2004-2011 telah terjadi pembohongan oleh bupati terhadap institusi DPRD dan juga rakyat,” paparnya Kamis (23/6).

Rus menekankan wacana pembentukan Pansus itu sama sekali tidak terkait dengan aspek pidana yang saat ini ditangani Kejati, maupun proses eksekusi Kasda yang menjadi otoritas moneter BI. Pansus hanya fokus pada penelusuran sisi administrasi dan politis terhadap sebuah kebijakan dari otoritas pemegang kekuasaan daerah.
Senada, Sekretaris DPC PAN Sragen Mahmudi Tohpati juga mendukung wacana pembentukan Pansus. Menurutnya,dengan Pansus maka akan bisa menguak bagaimana pembobolan bisa terjadi dan siapa saja yang terlibat dan berperan di dalamnya.

Terpisah, Direktur Utama BPR Djoko Tingkir, Pono mengaku tidak mengetahui secara detail transaksi yang terjadi karena proses transaksi terakhir terjadi tahun 2005 sedang dirinya baru menjabat direksi tahun 2008.
Source : harianjoglosemar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates