28 September 2010

0 Akhirnya Saiful Hidayat Diperiksa Sebagai Tersangka Kasus Demo Rusuh

Koordinator aksi demo menggoyang Bupati Sragen, Saiful Hidayat akhirnya memenuhi panggilan untuk diperiksa sebagai tersangka kasus demo ricuh akhir Mei 2010 lalu. Saiful mengaku dicecar 35 pertanyaan selama hampir enam jam oleh penyidik Reskrim Polres Sragen, Senin (27/9). Namun, Saiful tetap bersikukuh merasa tidak pernah menyuruh beberapa pelapor dan pelaku demo untuk melakukan perusakan. Ia juga membantah pertanyaan penyidik terkait janji akan memberikan sesuatu kepada pelapor jika aksi demo berhasil sesuai tujuan.
“Yang perlu digarisbawahi, bahwa selama demo saya tidak menyuruh orang-orang itu untuk melakukan perusakan. Kemudian tuduhan bahwa saya pernah janji akan memberikan pekerjaan ke mereka kalau demo berhasil itu juga tidak benar,” paparnya ditemui usai menjalani pemeriksaan di Mapolres Senin (27/9).

Menurutnya, aksi perusakan yang terjadi sama sekali di luar instruksinya. Ia juga membantah adanya rapat koordinasi tanggal 23 Mei untuk merencanakan aksi perusakan pada demo tanggal 26 Mei. Sehingga, menurutnya pertanyaan yang disampaikan penyidik justru terkesan dipaksakan dan sarat dengan pesanan.

“Untuk diketahui pula bahwa demo tanggal 26 itu yang menyelenggarakan adalah Bakormas bukan LSM Lintas. Dari sini jelas terlihat kalau proses hukum terhadap saya ini kental dengan pesanan. Apalagi pertanyaan yang disampaikan penyidik sistematikanya juga tidak jelas,” tegasnya.

Senada, Penasihat Hukum Saiful, Zainal Abidin juga meyakini tuduhan yang dikenakan terhadap kliennya sangat tidak berdasar. Sebab laporan saksi-saksi yang dihadirkan penyidik sangat kontradiktif dengan pengakuan kliennya. “Nanti saat di persidangan kan semua saksi disumpah. Siapa yang benar dan yang salah akan terbukti,” tegasnya.

Kapolres Sragen AKBP IB Putra Narendra melalui Kasatreskrim AKP Y Subandi mengatakan proses pemeriksaan terhadap Saiful didasarkan atas laporan sejumlah pelaku demo yang sempat mendekam di penjara. Meski sudah berstatus tersangka, namun Saiful tidak ditahan melainkan dikenai wajib lapor.
 
Related search :
berita terbaru demo anarkis di sragen | LINTAS SRAGEN | informasi terkini sragen | sragen online hari ini | SAIFUL HIDAYAT TERDAKWA | SRAGEN CYBER ONLINE

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates