11 Oktober 2010

0 Indomie Ditarik Dari Peredaran di Hongkong dan Taiwan

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih sudah menerima laporan adanya penarikan produk mie instan Indomie di beberapa negara. Kementerian Kesehatan sudah memberi instruksi kepada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). "Hari ini sudah diberitahu, akan memberikan arahan kepada Badan POM tapi belum dapat laporan," kata Endang Rahayu Sedyaningsih usai mengikuti rapat penanganan banjir bandang Wasior di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 11 Oktober 2010.

Menurut Endang, laporan lanjutan dari Badan POM itu kemungkinan akan rampung pada besok atau lusa. Kementerian hingga kini tidak mengeluarkan imbauan apapun atas penarikan produk mie instan itu.

"Kami sedang menelusuri. Karena kami belum tahu, apakah Indomie yang sama yang dijual di Indonesia atau gimana," kata dia.

Sebelumnya, menurut laman harian Hong Kong, The Standard, pihak berwenang di Taiwan menyatakan bahwa Indomie yang dijual di negeri mereka mengandung dua bahan pengawet yang terlarang, yaitu methyl p-hydroxybenzoate dan benzoic acid. Dua unsur itu hanya boleh digunakan untuk membuat kosmetik.

Sebagai produsen Indomie, ICBP meluruskan berita demikian. "Produk mie instan yang diekspor oleh Perseroan ke Taiwan telah sepenuhnya memenuhi peraturan dari Departemen Kesehatan Biro Keamanan Makanan Taiwan," demikian pernyatan tertulis ICBP yang diterima VIVAnews, Senin 11 Oktober 2010. (umi)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sragen Cyber Online Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates